INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

Parents Gathering 2023 " UPJ Siap Mencetak Pengusaha Muda Masa Depan "

27 June 2023

Sabtu, 17 Juni 2023 Jaya Launch Pad ditugaskan untuk mengisi materi pada acara Parent’s Gathering yang diselenggarakan pada Teater 2, Lantai 4, Gedung A Universitas Pembangunan Jaya. Unit PHA selaku pihak penyelenggara sendiri mengambil tema yang cukup menarik pada kegiatan Parent’s Gathering kali ini, yakni “UPJ Siap Mencetak Pengusaha Masa Depan”. Dari tim JLP sendiri yang bertugas adalah Bapak M. Trio Febriyantoro dan Mas Octa Andra Ferdian. Pada kegiatan ini Kepala JLP yakni Bapak Trio memberikan paparan materinya mengenai peran UPJ dan juga JLP dalam mengembangkan bisnis atau usaha yang dimiliki oleh Mahasiswa/Mahasiswi Universitas Pembangunan Jaya.

      Diawal materi Pak Trio memberikan informasi mengenai nilai jaya yang bersinggungan dengan peran dari UPJ untuk membentuk seorang entrepreneur muda. Hal ini dinilai penting karna tingkat pengangguran di Indonesia saat ini tembus 8,22 juta orang pada tahun 2022. Dengan banyaknya masyarakat indonesia yang tidak memiliki pekerjaan, maka tak jarang pada saat jobfair diselenggarakan dibeberapa daerah, selalu dipadati masyarakat yang ingin mencari pekerjaan, apalagi saat ini persaingan didunia kerja begitu keras dan ketat. Sebenarnya ada pilihan lain ketika masyarakat yang belum mendapat pekerjaan jika ingin mendapat penghasilan, salah satunya adalah menjadi pengusaha atau berjualan produk/jasa.

       Saat ini Indonesia masih tertinggal jauh dengan negara-negara tetangga dalam hal jumlah pengusaha. Tercatat pada tahun 2022 jumlah pengusaha di Indonesia baru mencapai 3,4% dari populasi penduduk. Sementara negara-negara yang ada di Asia Tenggara seperti Singapura mencapai 8,76%, Thailand 4,26%, dan Malaysia 4,74% dalam hal jumlah pengusahanya. Sementara itu rasio wirausaha di negara maju sudah menembus angka 12%. Oleh karna itu pentingnya peran Universitas untuk menciptakan pengusaha pengusaha muda.

        Pak Trio pun juga menjelaskan mengenai cara Pak Ciputra untuk menjadi seorang pengusaha. Cara ini tertuang dalam bukunya yang berjudul Ciputra Way, dalam buku tersebut terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi seorang pengusaha, yaitu :

  • Passion
  • Independent
  • Market Sensitivity
  • Calculated risk-taker
  • Creative & Innovative
  • Persistence
  • High Ethical Standart

       Setelah selesai pembahasan mengenai sesi materi, acarapun dilanjut dengan sesi tanya jawab. Pada sesi ini orang tua calon mahasiswa yang menjadi peserta cukup banyak yang memberikan pertanyaan, mulai dari pertanyaan mengenai kurikulum, konversi SKS, mata kuliah dan lain sebagainya.