INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

Webinar "Entrepreneurial & Digital Mindset"

31 March 2022

     Senin, 28 Maret 2022, Jaya Launch Pad telah menggelar Webinar dengan tema “Entrepreneurial & Digital Mindset”, dimana pembicara pada acara tersebut adalah Ibu Dr. Hastin Umi Anisah, SE., MM. yang merupakan Koordinator Pusat Kajian Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan LPPM Universitas Lambung Mangkurat . Webinar ini merupakan merupakan webinar yang kedua digelar pada TA Genap 2021/2022.

     Diawal acara staf JLP yakni Octa Andra yang merupakan moderator pada acara ini, membuka acara dengan menyambut para peserta, dan memberikan kata pembuka untuk memulai webinar tersebut. Setelah itu acara berlanjut dengan kata sambutan dari Ibu Clara Evi Citraningtyas, yang merupakan Dekan FHB. Setelah kata sambutan, moderator kembali mengambil alih acara, dengan membacakan profil narasumber, dan dilanjut pemaparan materi oleh Ibu Hastin

     Pada awal pembahasan materi, Ibu Hastin memberikan pemahaman mengenai Entrepreneurial Mindset, dimana pada Entrepreneurial Mindset ini ada beberapa outline materi yang dibahas, yaitu :

  • Evolution of entrepreneurship in today’s economy
  • Entrepreneurial traits
  • Generating business idea
  • Feasibility analysis
  • Risk management

     Selain itu adalah yang perlu dimiliki oleh para pengusaha, yakni kreativitas, dimana  hal tersebut merupakan yang sangat berguna, agar para entrepreneur ini mampu menciptakan hal hal baru. Selanjutnya Ibu Hastin menjelaskan ciri-ciri orang kreatif, yakni :

  • Melahirkan ide
  • Cara-cara baru
  • Pemecah masalah
  • Berpikir mandiri
  • Kemampuan bekerja keras
  • Mempertahankan ide/gagasan dan kreativitas yang sudah dihasilkan

     Selain itu hal yang juga disoroti dalam membangun mindset entrepreneur adalah kepemimpinan, dimana tanpa kepemimpinan, entrepreneur akan terhenti dan stagnan, dengan kepemimpinan usaha akan bertumbuh menjadi besar dan luas. Teori kepemimpinan awal berfokus pada pemimpin, dimana ada 6 ciri terkait kepemimpinan yang efektif yaitu :

  1. Dorongan
  2. Kehendak untuk memimpin
  3. Kejujuran dan integritas
  4. Kecerdasan
  5. Kepercayaan diri
  6. Pengetahuan terkait pekerjaan

     Selanjutnya Ibu Hastin menjelaskan mengenai Digital Mindset, dimana pemikiran ini menjadi penting karna di era modern saat ini memiliki mindset digital itu dapat mempermudah kita untuk menjalankan bisnis. Lebih lanjut ada 10 sifat digital mindset, yaitu :

  1. Always wanting to grow
  2. Embrace diversity
  3. Global approach
  4. Passionately explores and experiments
  5. Thrives in an agile environment
  6. Sharing is not just caring
  7. Data driven
  8. Being obsessed with costumers
  9. Collaborative in every aspect
  10. Having fun together

     Lebih lanjut Ibu Hastin menjelaskan, orang-orang yang digitally connected memiliki karakteristik yang berbeda, yaitu lebih pandai berkolaborasi, berpikiran terbuka, sangat suka diapresiasi, dan mengembangkan rasa saling percaya satu sama lain. Entrepreneur yang memiliki mindset digital akan senantiasa melalukan eksplorasi, eksperimen dan belajar. Dengan growth mindsetnya, mereka tidak takut menghadapi kegagalan dan segera bangkit kembali ketika jatuh.

     Setelah Ibu menjelaskan materinya, acara dilanjut ke sesi tanya jawab, dimana pada sesi ini para peserta sangat antusias bertanya ke narasumber. Setelah sesi tanya jawab selesai, acara pun ditutup dengan closing dan juga dokumentasi bersama peserta dan narasumber. Acara ini pun juga di live streamingkan di youtube channel Universitas Pembangunan Jaya.