INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

JLP Hadiri Sosialisasi Pendirian Lembaga Inkubator Kota Tangerang Selatan

04 February 2022

     Senin, 31 Januari 2022, Universitas Pembangunan Jaya, diwakili unit Jaya Launch Pad, mengikuti sosialisasi pendirian lembaga inkubator yang diadakan oleh KEMENKOPUKM (Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia). Acara ini diadakan di Hotel Horison Grand Serpong, pada pukul 08.00 s/d 12.00 WIB. Pada acara ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Tangerang Selatan yakni Bapak Dr. H. Warman Syanudin, MM. dan Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha, yakni Ibu Christina Agustin, A.Pi., M.M.

      Acara dibuka MC yang merupakan perwakilan dari Dinas Koperasi Usaha Kota Tangerang Selatan, dengan membacakan susunan acara, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan doa bersama. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa bersama, acara pun dilanjutkan dengan kata sambutan dan sekaligus arah dari Bapak Dr. H. Warman Syanudin, MM.

      Dalam arahannya Bapak Warman menuturkan bahwa pendirian lembaga inkubator bisnis di kota Tangerang Selatan ini merupakan program yang sangat strategis yang perlu dikembangkan dan dibawah binaan Dinas Koperasi Tangerang Selatan. Selain itu lembaga inkubator yang akan nantinya didirikan ini akan membina 30 s/d 50 peserta (tenant).

      Pembentukan ini pun juga berlandaskan dengan visi kota Tangerang Selatan yang ingin menjadi kota yang unggul, terintegritas, efisien & efektif, serta diharapkan Tangerang Selatan menuju kota lestari. Lebih lanjut dinas koperasi Tangerang Selatan sudah mempersiapkan tempat atau gedung yang nantinya akan menampilkan dan memasarkan tenant hasil dari inkubasi. Selain itu dinas koperasi juga menyediakan layanan untuk pembimbingan pembuatan perizinan (PIRT) secara gratis.

      Acara pun dilanjut dengan arahan dari Ibu Christina Agustin, A.Pi., M.M.  Ibu Christina menjelaskan mengenai Inkubasi Bisnis merupakan salah satu  upaya membuat UMKM bertahan dari kondisi yang kurang baik, salah satunya ada kondisi pandemi covid 19. Pembentukan lembaga inkubasi bisnis ini tidak hanya menjadi tugas dari institusi pendidikan, namun lembaga pemerintahaan daerah juga perlu membuat lembaga inkubasi didaerahnya masing-masing. Lebih lanjut Ibu Christina menjelaskan bahwa ada 3 tahapan dalam inkubasi, yakni :

  1. Pra Inkubasi : seleksi & kontrak tenant
  2. Inkubasi : Melakukan inkubasi terhadap tenant yang sudah diseleksi. Tenant inkubasi dapat terbagi menjadi 2, yakni : 
  • Tenant in Wall : Menyesuaikan kemampuan lembaga incubator (dalam jumlah sedikit)
  • Tenant out Wall : Melakukan inkubasi bisnis dalam jumlah besar
  1. Pasca Inkubasi : membentuk jejaring, dan mendata para tenant yang menjadi peserta, serta melakukan pemantauan progres tenant.

     Ibu Christina menyarankan agar lembaga inkubasi baik dari pemerintahan atau instansi pendidikan perlu mendaftarkan lembaga inkubasinya melalu Sipensi (https://sipensi-inkubator-kumkm.com/registrasi/form) agar terdata dan pemerintahan dapat memantau progres lembaga inkubasi tersebut. Sosialisasi ini pun dihadiri oleh beberapa lembaga pemerintahan, dan juga instansi pendidikan atau Universitas yang ada di daerah Kota Tangerang Selatan. Diharapkan dengan diadakannya sosialisasi ini, dapat menambah keinginan para instansi tersebut untuk melakukan inkubasi bisnis, agar tercipta start up / UMKM yang stabil dan mumpuni.