INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

Virtual Talkshow " Sustaining a Non-Profit Media, Lesson from The Conversation Indonesia "

30 September 2021

     Selasa, 28 September 2021, Jaya Launch Pad telah menggelar Virtual Talkshow dengan tema “ Sustaining a Non Profit Media, Lesson from The Conversation Indonesia ”, dimana pembicara pada acara tersebut adalah Bapak Fito Rahdianto yang merupakan Business Development and Partnership Manager dari The Conversation Indonesia. Virtual Talkshow ini merupakan merupakan yang pertama digelar pada TA 2021/2022.

     Acara ini dibuka dengan kata sambutan yang diberikan oleh Ibu Leenawaty Limantara yang merupakan Rektor Universitas Pembangunan Jaya, setelah itu acara pun dilanjut dengan dengan pembukaan oleh MC dan perkenalan pembicara. Setelah itu acara pun langsung dilanjut dengan sesi pemaparan oleh Bapak Fito Rahdianto. Diawal sesi pemaparan, Pak Fito menerangkan ada beberapa pokok pembahasan pada materinya, yakni : Apa itu media nirlaba ?, TheConversation Indonesia sebagai media nirlaba, dan menjaga keberlanjutan The Conversation Indonesia.

     Media Nirlaba sendiri merupakan media yang non profit, artinya media ini diciptakan memang tidak bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu pak Fito menjelaskan bahwa The Conversation Indonesia sendiri buka media non profit, dikarenakan mereka hanya ingin menyebarluaskan pengetahuan, serta memperkuat kebijakan. The Conversation Indonesia sendiri merupakan portal media yang menghadirkan berita dan analisis berbasis riset, mereka pun juga membuat kolaborasi yang unik antara akademisi dan jurnalis.       

            Lebih lanjut Pak Fito menerangkan keunikan dari The Conversation, yakni :

  • Non Profit, berbentuk yayasan
  • Open access, gratis untuk dibaca
  • Bebas dari agenda komersil
  • Dukungan dari editor profesional
  • Aman, sistem publikasi berdasarkan persetujuan penulis
  • Akses ke media umum melalui sistem republikasi.

Selanjutnya Pak Fito pun menerangkan bagaimana menjaga keberlanjutan dari The Conversation Indonesia yakni :

  • Dukungan daru filantropi dan donor serta membership.
  • Melakukan kerja sama dengan berbagai pihak, bentuk kerja samanya adalah pelatihan menulis populer, dukungan editorial, pencatuman logo di Website TCID, metrik pengukuran, serta ruang promosi kegiatan di website dan nawala.

     Kesimpulan dari materi yang disampaikan oleh Pak Fito adalah, kita harus memikirkan berbagai solusi untuk menyelesaikan suatu masalah, dengan kata lain, kita harus mempunyai back plan, jika solusi yang kita hadirkan tidak menyelesaikan masalah tersebut, serta dalam membangun media nirlaba, kita pun juga harus terbuka dengan berbagai macam kemungkinan dan juga terbuka untuk menjalin kerja sama dengan pihak lain, agar media yang kita bangun ini dapat berjalan dan bertahan lama.

     Selanjutnya acara ini pun dilanjut dengan sesi tanya jawab baru setelah itu MC menutup jalannya virtual talkshow. Perlu diketahui bahwa peserta acara ini melibatkan dosen, tendik, dan mahasiswa. Disamping itu acara ini pun juga di live kan di youtube Universitas Pembangunan Jaya.