INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

Entrepreneurship Educamp 2020

19 November 2020

     Pada Kamis, 19 November 2020 hingga Jumat 20 November 2020, Universitas Pembangunan Jaya bekerjasama dengan Global Entrepreneurship Network ( GEN ) Asia Tenggara, menggelar workshop via zoom online bertema “ Entrepreneurship Educamp 2020 ”. Acara tersebut merupakan bentuk kerja sama dari UPJ dan GEN untuk semakin menanamkan jika entrepreneurship kepada masyarakat Indonesia. Pada 2 hari acara tersebut, bapak Ivan Sandjaja yang merupakan perwakilan dari GEN Indonesia, menjadi moderator, sedangkan pihak UPJ menjadi admin host. Acara ini pun juga mendapat dukungan dari Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Ph.D, beliau merupakan Menteri Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Beliau memberikan kata sambutannya untuk membuka acara workshop pada hari pertama. Acara ini mendapat antusias yang luar biasa, itu terbukti dengan adanya peserta dari Singapore dan Thailand yang mengikuti workshop.

     Di hari pertama workshop atau ditanggal 19 November 2020, acara dimulai dengan pembukaan oleh moderator yakni bapak Ivan Sandjaja, setelah Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Ph.D, yang merupakan Menteri Riset dan Teknologi Republik Indonesia, memberikan sambutannya kepada para peserta. Acara lalu dilanjutkan dengan moderator memperkenalkan 2 pembicara, mereka adalah, Prof Johannes Lindner, beliau merupakan Teachers College Vienna, dan juga perwakilan GEN Austria. Pembicara kedua adalah Mark Hugh Sam yang merupakan Founder Of Startup Jamaica.

     Pada saat sesi pemaparan dimulai, Mark Hugh Sam memulai pemaparannya mengenai hal hal framework dalam dunia start up, selain itu beliau juga memberikan 3 konsep yang dapat membuat perbedaan dalam membangun sebuah start up, dan juga bagaimana membangun sebuah mindset entrepreneurship. Setelah selesai dengan sesi pemaparan Mark Hugh, acara kemudian dilanjutkan dengan sesi pemaparan dari Prof Johannes Lindner.

     Pada sesi ini, Prof Johannes menjelaskan bahwa Edukasi tentang entrepreneurship, dan pentingnya pendidikan entrepreneur ditanamkan kepada anak anak muda. Setelah selesai memaparkan materinya. Sesi selanjutnya adalah sesi sharing dan tanya jawab dengan para pembicara yang dilakukan oleh moderator. Setelah menyelesaikan sesi ini, moderator kemudian menyimpulkan pembahasan dari kedua pembicara, lalu menutup workshop dan sekaligus menginfokan bahwa acara ini masih akan berlanjut besok mulai pukul 15.00 WIB.

     Di hari kedua, moderator pada workshop ini masih dengan bapak Ivan Sandjaja, namun untuk pembicara bertambah menjadi 3 orang, yakni Prof Johannes Lindner, perwakilan GEN Austria, Mark Hugh Sam Founder Of Startup Jamaica, dan Evan Jambor yang merupakan salah tenaga pendidik di Austria. Bapak Ivan selaku moderator langsung membuka acara dengan memulai sesi pemaparan materi yang dilakukan oleh Mark Hugh. Mark Hugh menjelaskan bahwa sebagai seorang entrepreneur kita harus mengerti bagaimana cara mengatur keuangan kita sendiri, dan apakah keuangan tersebut dapat kita kelola dengan baik dan benar. Sesi selanjutnya masuk kepemaparan dari Eva yang merupakan tenaga pendidik di Austria. Pada sesi ini Eva menjelaskan bahwa pentingnya mindset entrepreneur itu harus dimiliki oleh setiap orang sedari dini. Oleh sebab itu Eva lebih lanjut menjelaskan bahwa di Austria, mindset kewirausahaan sudah ditanamkan oleh anak anak sejak mereka memasuki bangku sekolah dasar, tentunya penanaman mindset tersebut harus melalui tahap demi tahap, agar anak anak mampu mencerna ilmu tersebut dengan baik.

     Setelah Eva menyelesaikan pemaparannya, kemudian moderator membuka sesi tanya jawab yang ditujukan untuk para peserta workshop dan juga para pembicara yang ingin bertukar pemikiran. Pada sesi ini berjalan lebih dari 15 menit, karena ada banyak sekali hal yang dibahas, salah satunya adalah perbedaan negara Austria dan Indonesia mengenai pendidikan tentang kewirausahaan, dan ramuan kurikulum kewirausahaan yang tepat, untuk diterapkan di Indonesia. Sesi workshop pun ditutup oleh moderator dengan melakukan foto bersama. Tak lupa video workshop online selama 2 hari ini juga sudah di upload ke youtube Universitas Pembangunan Jaya.