INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

Webseminar " Trading For Living "

23 March 2021

    Selasa, 23 Maret 2021 Jaya Launch Pad telah menggelar Webseminar bertema “ Trading For Living ”. Tema Trading menjadi hal baru tentunya untuk masyarakat, maka dari itu JLP datang dengan konsep ini bertujuan untuk memperkenalkan kegiatan trading kepada para mahasiswa, dan sekaligus menjadi salah satu cara untuk belajar berinvestasi dan menjadi penghasilan sampingan bagi para mahasiswa.

    Pada seminar kali ini, Jaya Launch Pad mengundang Bapak Jimmy Dimas Wahyu Indraseno, yang merupakan Co-Founder Lima Dua Group, President Director JIS Kapital Utama, dan Business Development Director Universal Brokers Indonesia Sekuritas untuk menjadi Pembicara. Sementara untuk moderator & host seminar dipegang langsung oleh Octa Andra Ferdian, yang merupakan staf Jaya Launch Pad. Seminar JLP digelar secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom, dan juga live di Channel youtube UPJ.

   Seminar pun dimulai pada pukul 09.00 WIB, dengan perkenalan JLP sebagai pihak penyelenggara. Kemudian acara pun dilanjutkan dengan sambutan yang diberikan oleh Ibu Clara Evi Citraningtyas, selaku Dekan Fakultas Humaniora & Bisnis, Universitas Pembangunan Jaya. Setelah selesai dengan kata sambutan, Moderator memberikan info mengenai Unit Jaya Launch Pad, yang merupakan salah satu unit di Universitas Pembangunan Jaya, yang memiliki fokus kepada kurikulum kewirausahaan. Setelah perkenalan singkat unit JLP, barulah moderator mempersilahkan Pembicara untuk memaparkan materinya.   

    Sesi pemaparan pun berjalan sangat menarik, Pak Jimmy sangat detail menjelaskan mengenai trading, mulai dari hal-hal basic yang harus dipersiapkan jika ingin mulai bermain saham, seperti :

  • Securities Company
  • Opening Account Form
  • ID Card
  • Online Trading
  • Initial Investment

    Selanjutnya pak Jimmy melanjutkan persiapan bermain saham dengan masuk ke basic education. Dalam basic education, seorang yang ingin bermain saham, harus memiliki pengetahuan umum terlebih dahulu mengenai trading dan saham. Lebih lanjut pak Jimmy mengatakan bahwa dalam bermain saham, selalu ada 2 sisi mata uang yang tidak bisa dikesampingkan, yakni : Profit & Loss. Selanjutnya pak Jimmy pun menekankan, sebagai seorang yang bermain saham, haruslah memiliki fundamental analysis, dan technical analysis. Kedua hal tersebut diperlukan untuk menganalisa saham mana yang harus kita pilih, agar menimalisir kehilangan uang atau loss.

    Setelah menguasai basic education & kemampuan analisis, barulah kita bisa bermain di pasar saham. Ada beberapa catatan yang perlu diingat, pasar saham ini merupakan global market, dan perlu mengkombinasikan fundamental analysis dan technical analysis, agar nantinya bisa melakukan kegiatan trading.

    Sesi pemaparan pun selesai, dan acara berlanjut ke sesi tanya jawab. Pada sesi ini para peserta antusias menanyakan hal-hal terkait, hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan ketika ingin bermain di pasar saham, lalu juga sektor apa yang bisa dimanfaatkan atau dipilih dalam melakukan kegiatan trading di pasar saham.  Sesi tanya jawab pun selesai, dan moderator mempersilahkan Bapak Jimmy memberikan closing statement. Sebelum acara ditutup, moderator melakukan sesi dokumentasi dengan seluruh peserta dan pembicara.